Rabu, 21 November 2018

JALAN RAYA TERPENDEK DI INDONESIA ADA DI GRESIK?


Gresik kota ibarat harta karun sejarah. Pesona arsitektur khas kolonial zaman belanda berdiri kokoh di Jalan H.O.S Cokroaminoto. Lokasinya terletak sekitar 150 meter utara Alun – alun Kabupaten Gresik.

Kota Gresik diklaim memiliki jalan raya terpendek di Indonesia namanya jalan H.O.S Cokroaminoto. Panjang jalan tersebut sekitar 50 meter. Jalan yang dipenuhi ruko dengan arsitektur kuno tersebut bisa dilalui kendaraan bermotor.

Menurut bapak Oemar Zaenuddin seorang pemerhati bangunan bersejarah, beliau meyakini H.O.S Cokroaminoto adalah jalan terpendek di Indonesia. Untuk menyisir jalan tersebut hanya butuh waktu sekitar 20 detik.

Tidak seperti ukurannya yang pendek, H.O.S Cokroaminoto menyimpan sejarah panjang yakni ruko disamping jalan tersebut dibangun pada tahun 1902 dan menjadi pusat bisnis di masa kolonial.

Uniknya ruko sebelah selatan dibangun oleh pengusaha kolonial dengan arsitektur khas masa kolonial. Sedangkan ruko sebelah utara dibangun oleh pengusaha pribumi pada tahun 1911 dengan arsitektur kolaborasi Eropa, Tiongkok, dan Jawa. Ruko sengaja dibangun berhadap – hadapan untuk menunjukkan bukti bahwa pengusaha pribumi mampu menandingi pengusaha kolonial.

Share:

1 komentar:

  1. Kiranya bangunan ruko itu deretannya di sebelah timur dan barat, karena jalan utu [dulu disebutnya Garling] adalah memnujur utara - selatan.

    Bangunan yang menghadap ke barat [dengan nomer rumah genap] apakah itu yang kombinasi budaya Eropoa dan Cina? Kalau dilihat atapnya, YA

    Tapi dalam penjelasannya, sepertinya terbalik.

    BalasHapus

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.