Senin, 15 Oktober 2018

5 PENYAJIAN KOPI PALING UNIK DI GRESIK

Gresik merupakan salah satu konsumen kopi terbanyak di Indonesia sehingga tidak perlu diragukan lagi soal kenikmatannya. Bahkan di Gresik banyak menyajikan sajian kopi yang unik. Bukan hanya menikmati kopi saja kegiatan meminum kopi sambil berbincang-bincang sudah menjadi sebuah budaya di Gresik. Bahkan warung kopi menjadi tempat dakwah Syaikh Maulana Malik Ibrahim dalam mensyiarkan agama Islam maka dari itu terdapat banyak warung kopi di setiap sudut kota.
Bukan hanya budaya minum kopi saja, ternyata ada cara unik dalam menyajikan kopi sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Di bawah ini kalian akan melihat berbagai sajian kopi yang unik yang ada di Gresik.
1. Kopi Tubruk

Siapa yang tidak mengenal kopi yang satu ini? Hampir semua orang sudah mengetahui kelezetan dari kopi ini. Kopi tubruk sangat populer di Pulau Jawa dan Bali, kopi tubruk memiliki cita rasa yang kuat. Cara penyajiannya masukan bubuk kopi dan gula ke dalam satu gelas lalu tuangkan air panas kemudian diaduk dan kopi siap untuk dinikmati. Warung kopi paling recomended pada penyajian kopi tubruk berada di Warung Cak Rochim yang beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim III (belakang Masjid Jamik Gresik), bahkan kenikmatannya sudah dinikmati Pak Bondan yang merupakan pakar kuliner sekaligus host TV Swasta Nasional. Warunf Cak Rochim juga menjadi warung kopi tertua di Gresik.

2. Kopi Kasar (Kopyok)


Kopi kasar atau disebut juga kopi kopyok berasal dari Kota Gresik. Disebut kopi kasar karena memang biji kopi jenis Java Coffe ini ditumbuk kasar. Bubuk kopi yang kasar disimpan di sebuah cangkir kemudian dituangkan air panas lalu diaduk, sensasi minum kopi ini bubuk kopi yang yang ditumbuk kasar akan ikut terkunyah. Warung kopi paling recomended pada penyajian kopi kasar berada di Warung Cak Rochim yang beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim III (belakang Masjid Jamik Gresik), bahkan kenikmatannya sudah dinikmati Pak Bondan yang merupakan pakar kuliner sekaligus host TV Swasta Nasional.

3. Kopi Kothok


Kopi Kothok memiliki aroma yang sangat kuat dan segar karena proses pembuatannya yang merebus langsung kopi bersama air dan gula.

4. Kopi Kom

Kopi Kom menjadi salah satu favorit warga Gresik sejak dulu, dinamai kom berarti merendam dimana telur ayam kampung diseduh dalam kopi yang panas sehingga telur tersebut menjadi setengah matang dan dapat menghasilkan stamina yang cukup tinggi. Uniknya telur tidak berbau amis dan nikmat untuk dikonsumsi. Warung kopi paling recomended pada penyajian kopi kom berada di Warung Cak Awi yang beralamat di Jalan Sindujoyo, Kroman, Gresik

5. Kopi Kobiku (Kopi Biji Kurma)

Kopi Kobiku merupakan minuman sejenis kopi yang diolah bukan dari biji kopi namun dari biji kurma pilihan. Uniknya kopi kobiku memiliki cita rasa dan aroma yang unik dan sangat nikmat. Tak hanya itu minuman ini terbukti sangat baik bagi kesehatan, mulai dari menstabilkan gula darah dalam darah yang sangat tepat bagi penderita diabetes. Selain itu bermanfaat menstabilkan tekan darah, menyembuhkan kolesterol, asam urat, asma, kolesterol, dan sebagainya. Sejauh ini belum ada warung kopi kobiku yang ada di Gresik namun produsen kopi Kobiku berada di Jalan Raden Santri 1B no.1, Bedilan, Gresik. Uniknya warung kopi yang menyediahkan Kobiku banyak tersebar di Malang, Sumenep, Malaysia, Medan, dan sebagainya yang mayoritas mengambil dari produsen di Gresik. Kopi Kobiku terdengar unik dan baru namun Kopi kobiku Gresik ini pernah tayang di salah satu media TV Swasta serta beberapa kali di publish di media cetak seperti Jawa Pos, Surya, dan Radar Gresik. Pengolahan kopi kobiku cukup rumit dari mengolah biji kurma menjadi kopi kobiku siap seduh, namun teknik ini dapat dikuasai Cak Wahyu sang produsen kopi kobiku yang merupakan seorang mahasiswa teknik kimia dan yang menjadi yang pertama di Gresik dan mungkin di Indonesia. Berikut kontak WA nya 085749647467.

Share:

1 komentar:

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.