Jumat, 02 November 2018

4 KESULTANAN ISLAM YANG SANGAT BERJASA MENYEBARKAN DAKWAH ISLAM DI NUSANTARA


Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan peradaban yang tinggi, hal ini dibuktikan banyaknya kerajaan besar yang tersebar dianatara penjuru Nusantara. Beberapa kerajaan bercorak Hindu-Budha seperti Majapahit, Singasari, Sriwijaya dan lainnya mungkin tidak asing bagi kita. Namun, tahukah anda bahwa ada 5 Kesultanan Islam yang sangat berpengaruh di Nusantara hingga Mancanegara. Berikut ulasannya :


1.    Kesultanan Giri

Sejarah Kesultanan Giri memang tak banyak dijelaskan dalam literatur, karena keteguhannya menyebarkan Islam berhaluan Ahlussunah Wal Jama’ah serta dikenal sangat menentang penjajahan Belanda yang bekerjasama dengan Kerajaan Mataram Islam dibawah kekuasaan Amangkurat yang berhaluan Syi’ah Kejawen.

Kesultanan ini pada mulanya merupakan Pesantren yang dibangun tahun 1470-an oleh Syaikh Maulana Ainul Yaqin (Sunan Giri) salah seorang Wali Songo dan berkembang menjadi Kesultanan pada tanggal 4 Rabi’ul Awwal 1892 Hijriyah (9 Maret 1487) yang berlokasi diatas sebuah bukit di Dusun Kedaton, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Ketauladanan Sunan Giri sebagai seorang ulama yang arif dan bijaksana serta memiliki kecerdasan dan akhlaqul karimah membuat Kesultanan ini terus berkembang. Uniknya kesultanan ini tidak memiliki wilayah administratif yang pasti namun fatwanya menjadi acuan para raja-raja Islam di Nusantara. Bahkan seorang raja Islam di Nusantara merasa belum sah menjadi raja apabila tidak dilantik di Giri Kedaton oleh Sultan Giri yang tak lain adalah Sunan Giri dan keturunannya. Sunan Giri beserta para keturunan dan santrinya berdakwah ke penjuru Nusantara seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, bahkan pada masa Sunan Prapen (cucu Sunan Giri) dakwah Islam sudah mencapai di tanah Papua, Bali, dan Nusa Tenggara.

Beberapa peninggalan dari Kesultanan Giri, yaitu Masjid Sunan Giri, Giri Kedaton, Kitab (Fiqih dan Tasawuf) Sitina karya Sunan Giri, Kitab Primbon Agung (Medis, Astronomi, dll) karya Sunan Giri , Telogo Pegat dan sebagainya.

Berikut daftar Sultan Giri :
a.       Syaikh Maulana Ainul Yaqin “Sunan Giri”                    (1487 –  1506)
b.      Syaikh Maulana Zainal Abidin “Sunan Dalem”             (1506 – 1546)
c.       Sunan Seda ing Margi                                                     (1546 – 1548)
d.      Syaikh Maulana Fatichal “Sunan Prapen”                       (1548 – 1605)
e.       Panembahan Kawisguwo                                                 (1605 – 1610)
f.       Panembahan Agung                                                          (1610 – 1612)
g.      Panembahan Sedangrana                                                  (1612 – 1619)
h.      Panembahan Mas Witono                                                 (1619 – 1660)
i.        Pangeran Puspahita                                                           (1660 – 1680)
j.        Pangeran Singo Negara                                                    (1703 – 1725)
k.      Pangeran Singosari                                                           (1725 – 1744)

2.    Kesultanan Demak

Kesultanan Demak secara administratif merupakan Kesultanan Islam pertama di Pulau Jawa. Pada awalnya wilayah ini bernama Bintoro, salah wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Karena semakin lemahnya pengaruh Kerajaan Majapahit, hal tersebut mengakibatkan beberapa penguasa daerah mulai membangun wilayah kekuasaannya sendiri, termasuk penguasa Islam di pesisir pantai Jawa. Hal ini tidak terlepas dari jasa Wali Songo yang mampu mempersatukan kekuatan Islam di Nusantara, khususnya tanah Jawa.

Mereka  membangun wilayah kekuasaan Islam dengan menunjuk Raden Patah sebagai raja dari Kesultanan Islam pertama di Pulau jawa ini. Setelah diangkat menjadi raja, Raden Patah mendapat gelar Senopati Jimbun Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayyidina Panatagama.

Kesultanan Demak berdiri pada tahun 1478. Palembang, Maluku, Banjar, dan wilayah bagian utara pulau jawa merupakan daerah kekuasaan Kesultanan Demak. Pada saat ulama penempati peranan penting di dalam kerajaan, Wali Songo adalah penasehat kerajaan. Tahun 1518 Raden Patah digantikan oleh Putranya yang bernama Pati Unus. Pada masa kepemimpinannya Adipati Unus atau yang sering dijuluki Pangeran Sabrang Lor ini bersama dengan Kerajaan Aceh menyerang penjajah Portugis yang menduduki Malaka pada saat itu.

Pati Unus meninggal pada tahun 1521 dan digantikan oleh adiknya, yaitu Sultan Trenggono. Kesultanan ini mengalami kemunduran karena perebutan kekuasaan antar pewarisnya. Beberapa peninggalan Kesultanan Demak, yaitu Masjid Agung Demak, Soko Tatal dan Soko Guru, Pintu Bleedek, Kentongan, Bedug, Dampar Kencana, Pirim Campa, Kolam Wudhu, dan Makrusah.

Berikut daftar Sultan Demak :
a.       Raden Patah “Sunan Demak”                                         (1500 – 1518)
b.      Raden Abdul Qadir “Pati Unus”                                     (1518 – 1521)
c.       Sultan Trenggana                                                            (1521 – 1526)
d.      Raden Mukmin “Sunan Prawoto”                                  (1546 – 1549)
e.       Arya Penangsang                                                            (1549 – 1554)

3.    Kesultanan Cirebon

Kesultanan ini berdiri pada tahun 1522, didirikan oleh Sunan Gunung Jati. Kerajaan ini merupakan Kesultanan Islam pertama di Jawa Barat. Sunan Gunung Jati berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Jawa Barat. Karena kedudukannya sebagai Wali Songo, sehingga beliau banyak dihormati oleh raja-raja lain di pulau Jawa, seperti raja dari Demak dan Pajang. Di bawah kepemimpinannya juga Kerajaan Cirebon ini memiliki banyak wilayah kekuasaan.

Sunan Gunung Jati meninggal pada tahun 1570 dan digantikan oleh cicitnya yang bergelar Panembahan Ratu. Pada tahun 1650 Panembahan meninggal dan digantikan oleh putranya yang bergelar Penaembahan Girilaya. Setelah Panembahan Girilaya meninggal Kesultanan Islam Cirebon dibagi menjadi dua (tahun 1697) oleh kedua puranya, Martawijaya (Panembahan Sepuh) dan Kartawijaya (Panembahan Anom).

Beberapa peninggalan dari Kerajaan Islam Cirebon ini, yaitu Masjid Jami’ Pakuncen, Masjid Sang Cipta Rasa, Keraton Kacirebonan, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Makan, dan beberapa benda pusaka.

Berikut daftar Sultan Cirebon :
a.       Syarif Hidayatullah “Sunan Gunung Jati”                     (1478 – 1495)
b.      Pangeran Muhammad Arifin                         
c.       Pangeran Sedang Kamuning                          
d.      Pangeran Emas Zainul Arifin                                        (1568 – 1649)
e.       Pangerang Sedang Gayam
f.       Panembahan Girilaya                                                    (1649 – 1662)

4.    Kesultanan Banten

Kesultanan ini didirikan pada tahun 1552 oleh Sultan Hasanudin, yang merupakan anak dari Sunan Gunung Jati. Setelah berhasil menaklukan Banten pada tahun 1525 Sunan Gunung Jati menyerahkan kekuasaan Banten kepada putranya tersebut.

Di bawah kepemimpinannya Kesultanan Banten semakin kuat dan memiliki banyak wilayah kekuasaan, bahkan sampai ke Sumatera selatan dan Kelampung. Sultan Hasanudin menikah dengan putri Kerajaan Demak, yaitu putri dari Sultan Indrapura.

Kerajaan ini mencapai puncak kekuasaannya pada saat kepemimpinan Ki Ageng Tirtayasa.  Beberapa peninggalan Kerajaan Islam Banten ini, yaitu Istana Keraton Surosowan Banten, Istana Keraton Kaibon Banten, Masjid Agung Banten, Vihara Avalokitesvara, Benteng Speelwijk, Meriam Ki Amuk, Danau Tasikardi, Keris Naga Sasra, dan Keris Panunggul Naga.

Berikut daftar Sultan Banten :
a.       Sultan Maulana Hasanuddin                                           (1552 – 1570)
b.      Sultan Maulana Yusuf                                                     (1570 – 1585)
c.       Sultan Maulana Muhammad                                          (1585 – 1596)
d.      Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulkadir                 (1596 – 1647)
e.       Sultan Abu al-Ma'ali Ahmad                                          (1647  – 1651)
f.       Sultan Ageng Tirtayasa                                                   (1651 – 1683)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.