Rabu, 10 Oktober 2018

5 MINUMAN KHAS GRESIK YANG BIKIN KETAGIHAN


1. Legen

Legen adalah nama minuman tradisional yang banyak ditemukan di sekitar wilayah Gresik, Jawa TimurIndonesia. Legen kebanyakan dibuat dari bunga pohon siwalan jenis perempuan yang bunganya berbentuk sulur. Sulur bunga ini dipotong sedikit demi sedikit untuk disadap getahnya yang ditampung pada sebuah tabung yang biasanya terbuat dari potongan batang bambu satu ruas. Lama penyadapan ini biasanya semalam, pada sore hari tabung bambu ini (disebut bumbung) diletakkan sebagai penampung, maka pada pagi harinya sudah memuat penuh satu tabung. Satu manggar bunga biasanya menghasilkan sekitar tiga hingga enam tabung legen. Minuman ini rasanya manis dan asam, penjual Legen sendiri banyak ditemukan didaerah Jalan Sindujoyo, Jalan Veteran, Panceng, dan Menganti.

2. Kopi Kopyok

Kopi Kopyok (Kasar) merupakan salah satu minuman khas Gresik dimana tekstur bubuk pada kopi lebih kasar sehingga penyajiannya pun berbeda. Dimana ketika air dituangkan dalam bubuk tersebut maka bubuk kopi akan mengambang keatas hampir setengah dari volume cangkir. Untuk meminumnya perlu diaduk dulu. Selain memiliki rasa kopi yang lebih kuat serta adanya sedikit rasa masam. Penjual kopi kopyok paling legendaris adalah Warung Cak Rokhim di Jalan KH. Wahid Hasyim III, Kauman, Gresik (Belakang Masjid Jamik Gresik).

3. Wedang Pokak

Wedang Pokak merupakan salah satu minuman khas Gresik yang terbuat dari beragam rempah seperti serai, kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan jahe. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh dengan rasa manis dan pedas. Selain nikmat, wedang pokak juga dapat mengatasi mual dan baik untuk kesehatan labung.

4. Temu Lawak

Temulawak adalah minuman segar tradisional dari bahan rempah. Bahkan menurut penelitian, temulawak memiliki banyak khasiat terhadap kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi, menambah nafsu makan dan melancarkan peredaran darah. Minuman ini berbahan dasar temulawak, kencur, asam kawak, serta berbagai rempah lainnya.

5. Kobiku

Kopi Biji Kurma Kobiku merupakan minuman berbahan dasar biji kurma yang melalui beberapa proses layaknya pembuatan kopi namun sedikit rumit, seperti proses fermentasi, pengeringan, sangrai, grinder, dan sebagainya. Minuman ini diinisiasi oleh salah satu mahasiswa Gresik yang berhasil menciptakan produk Kopi Biji Kurma Kobiku yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menetralkan tekanan darah, menetralkan kandungan gula darah dalam tubuh, menyembuhkan asam urat, dan berbagai kandungan manfaat kesehatan lainnya. Kopi Biji Kurma Kobiku dapat didapatkan di Jalan Raden Santri 1B no.1, Bedilan, Gresik. (085749647467)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.