Minggu, 23 Desember 2018

PIK-R SANUBARI Terpilih Sebagai Center of Excellence di Kabupaten Gresik



Surabaya – Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Sahabat Nusa Berbagi Cerita (SANUBARI) SMA NU 1 Gresik terpilih sebaga Center of Excellence (COE) PIK-R terbaik di Kabupaten Gresik. Pemilihan PIK-R Sanubari sebagai yang terbai di Kabupaten Gresik oleh BKKBN Jawa Timur bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, sebelumnya PIK-R Sanubari berhasil meraih PIK-R terbaik ketiga se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh BKKBN Jawa Timur.

Penobatan yang dilakukan pada hari Senin (17/12) di Hotel Arcadia, Surabaya, Jawa Timur. Hadir pula 38 Center of Excellence PIK-R dari masing – masing kabupaten/kota se-Jawa Timur. Ketua Insan GenRe Gresik dan Kasubid BKR Dinas KBPPPA Kabupaten Gresik juga turut hadir dalam acara bertajuk Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Provinsi Jawa Timur Tahun 2018.

Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau yang lebih dikenal dengan PIK-R adalah suatu wadah kegiatan PKBR (Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

PIK Remaja sendiri merupakan bagian dari PIK-KRR (Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja) yang kemudian oleh BKKBN diklasifikasikan menjadi dua yaitu jalur pendidikan dan jalur masyarakat. PIK Remaja sendiri adalah nama generik yang sengaja dibuat untuk menarik minat remaja datang ke Pusat Informasi dan Konseling Remaja untuk berdiskusi serta sharing terkait PKBR secara bersama-sama. Nama PIK bisa disesuaikan dengan lingkungan serta kehendak masing-masing sesuai kebutuhannya.

PIK Remaja dalam penyebutannya bisa dikaitkan dengan tempat dan institusi pembinanya. Adapun tujuan umum dari PIK Remaja adalah untuk memberikan informasi PKBR, Pendewasaan Usia Perkawianan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling dan rujukan PKBR.

Disamping itu, juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja untuk mencapai Tegar Remaja dalam rangka tegar Keluarga guna mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera. Pola kerja PIK Remaja tidak mengenal batas wilayah sebagaimana yang ada pada pemerintahan desa, ia hadir untuk melayani remaja lain dari luar wilayah administratifnya.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.